Cara Membuat Martabak Dari Jagung

Iklan

Cara Membuat Martabak Dari Jagung

iNewsBeritaSwasta.com
Selasa, 12 Maret 2024, Selasa, Maret 12, 2024 WIB Last Updated 2024-03-12T16:53:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
iNewsBeritaSwasta.com - martabak adalah jenis makanan chemilan yang sering kita jumpai,dan bermacam macam jenis martabak,ada martabak bangka,dengan rasa keju,coklat ,pisang,dan lain lain.

Namun martabak kali ini yang saya buat terbuat dari jagung kering yang sudah tua ,dan tentunya masih banyak yang belum mengetahui cara membuat nya ,sebab ini adalah jenis hidangan orang orang dahulu ,yang mungkin saat ini sudah mulai di lupakan.

Bahkan anak anak muda sekarang belum tau apa itu martabak jagung.nah buat kalian yang belum tau caranya tentu dong penasaran bagai mana cara membuat nya dan bahan bahan nya seperti apa .

Ok langsung akan saya bagi bagi rahasianya.untuk membuat martabak jagung kita memerlukan bahan bahan sebagai berikut :

A .siapkan beberpa bahan utama yang terdiri dari jagung tua kering,jagung ini cukup tua namun jangan sampai terlalu tua atau kering banget ,supaya mudah di olah.
B .kupas jagung yang sudah tua tersebut hingga bulu bulunya bersih.

C .parut jagung tersebut apabila menggunakan cara dan alat tradisional ,namun apabila kita sudah menggunakan alat canggih bisa kita memakai mesin parut.

Apabila jagung sudah di haluskan seperti tepung,barulah kita siapkan bahan bahan lain nya,dengab bahan sebagai berikut.

1 gula merah secukup nya.
2 garam secukup nya
3 kelapa parut secukup nya
Dan yang terakhir sudah pasti air supaya jagung yang sudah tepung tersebut mudah di olah dengan cara di aduk  sehingga tepung jagung tersebut merata.

Apabila sudah merata,maka beberapa bumbu tersebut barulah kita masukan ke dalam adonan.

Kelapa parut sebaiknya di panggang terlebih dahulu,atau di goreng dahulu tapi tanpa memakai minyak goreng,sehingga warnanya menjadi coklat.

Kalau di jawa barat namanya di sangrai .apabila sudah di goreng atau di panggang,maka barulah kelapa parut tersebut di larutkan ke dalam adonan jagung tadi.

Setelah semua bumbu di atas masuk dan di aduk sehingga rata ,maka barulah kita goreng adonan tersebut dengab menggunakan minyak goreng.

Cara goreng nya sama dengan cara kita menggoreng,atau masak telur goreng,dan tutup apabila sudah di goreng tersebut.

Kemudian tunggulah beberapa menit,satu atau dua menit barulah ,masakan martabak tersebut di balik,supaya matang merata.

Dan apabila sudah matang barula kita bisa menikmatinya sajian martabak jagung tersebut.

Rasanya manis sedap dan gurih menjadikan chemilan tersebut manis secara di hasilkan dari gula merah dan jagung itu sendiri,rasanya legit manis .

Nah itulah cara simple membuat martabak dari jagung sampai jumpa lagi teman teman,buat kalian yang belum subscribe silahkan kalian tonton videonya SUHAYATV. DI CHANEL YOUTUBE sampai jumpa lagi
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iNewsberitaswasta

Widget HTML Produk

Popular Posts

+