Ternyata Ini Penyebab Nya Cabai Rawit Mahal

Iklan

Ternyata Ini Penyebab Nya Cabai Rawit Mahal

iNewsBeritaSwasta.com
Rabu, 20 Desember 2023, Rabu, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T03:42:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
iNewsBeritaSwata - Seperti yang kita ketahui saat ini,harga cabai rawit Mahal dan Harganya Menembus Hinga 100.000 perkilo gram.

Terutama Untuk Cabai Rawit Merah,Pertanyaan nya Kenapa sih Sampai Semahal itu? Hingga Harganya Hampir Seharga Daging Sapi.

Tentunya Ada alasan nya,melansir dari beberapa kabar ,baik di pasaran ,sampai langsung ke para petani cabai,inilah alasan nya kenapa Harga cabai melambung tinggi.

Alasan nya ialah karena paktor kemarau,para petani kesulitan mendapatkan pasokan air untuk menanam cabai tersebut,seperti yang kita ketahui selama berbulan bulan ,kita menghadapi musim kemarau yang cukup panjang.

Sehingga air sangat lah kurang,terutama untuk para petani sangat lah susah mendapatkan air untuk mengairi tanaman kebun, atau pesawahan.

Dan inilah dampak nya sayuran pun sangat lah susah untuk di panen sebab terkendala dari pengolahan saat menanam sayuran termasuk cabai rawit.

Selain dari itu cabai yang hanya bertahan hanya sampai 2 hari ini mengakibatkan cabai cepat kering dan alhasil cabai sangat lah kurang dari stok atau persediaan di pasar.

Sehingga cabai saat ini sangat langka ,dan sudah pasti menjadikan harga cabai rawit melambung tinggi.

Terutama cabai rawit merah yang hingga kini menyentuh harga 100.000./kg.dan untuk harga cabai keriting hingga 60.000./kg kemudian untuk cabai rawit hijau pun harganya berkisaran di harga 50.000 perkilo gram.

Selain dari itu berdasarkan pengalaman di lapangan ,untuk bertani cabai rawit ini sangat lah susah ,untuk sampai berhasil ke tahap di panen.

Berbagai kendala dalam proses penanaman cabai rawit tersebut.baik karena hama ,atau pun karena paktor pengairan.paktor hama juga tidak di pungkiri bisa menyebabkan harga cabai rawit menjadi mahal.
Sebab petani banyak yang gagal dalam mengolah cabai rawit tersebut,sehingga cabai menjadi jarang.

Jenis hama yang sering menyerang cabai rawit ialah hama patek,hama patek ialah cabai berubah warna menjadi hitam kemudian menjadi busuk,ini biasanya di sebabkan karena terlalu banyak hujan dan sebalik nya karena kurang air 

Hingga cabai menjadi busuk,namun saat ini masih belum di ketahui bagai mana cara mengatasi hama patek ini,yang sering menjadi kendala para petani cabai rawit.

Tidak sedikit pars petani yang mengalami kerugian akibat hama patek yang sering melanda cabai rawit ketika cabai sedang berkembang biak tiba tiba cabai berubah warna hitam dan membusuk.

Sampai sampai para petani kewalahan dalam menghadapi hama tersebut,dan sudah tentu dengan gagal nya panen menjadikan cabai rawit mahal di mana mana.

Jadi itulah sedikit kabar yang bisa iNews kabarkan mengapa cabai rawit melambung tinggi .

Komentar

Tampilkan

1 komentar:

iNewsberitaswasta

Widget HTML Produk

Popular Posts

+